Rabu, 18 Januari 2012

[hanya] tentang sebuah foto - part 1



Saya penasaran, apa ya yang muncul di kepala seorang seniman atau kritikus seni kalau melihat foto ini ? Juga dengan Anda, apa yang muncul di benak Anda ?

Tapi sejujurnya, saya tidak terlalu peduli dengan pikiran mereka ataupun Anda mengenai foto ini. Karena memang topik ini bukanlah suatu persoalan urgen dan penting, ini hanyalah soal menyalurkan hawa nafsu saya. Hawa nafsu untuk berbagi pendapat agar selalu diingat banyak orang ^^

Saya sangat suka dengan foto ini. Tanpa sadar saya seperti punya hubungan sentimentil dengan pusat objek dalam foto ini. Seorang pekerja tambang, pekerja keras, yang sedang menikmati sebatang "batang kenikmatan" di sela jam istirahatnya di tengah musim dingin. Dengan pekerjaannya yang berat, jam istirahat dan sebatang "batang kenikmatan" adalah sesuatu baginya, istimewa, alhamdulillah mungkin. Dan dia sangat menikmati, the best quality time of his day.

Kalau kita melihat agak ke kanan akan tampak sosok teman dia yang memandang ke arah pusat obyek foto ini. Terlihat sinis, ya, tapi mungkin itu hanya interpretasi saya. Seperti dalam kehidupan sehari-hari, selalu ada yang sinis, selalu ada yang tidak suka kepada kita. Foto ini semakin menarik.

Hitam putih dan musim dingin. Kehidupan ini keras, ya, dan kadang sangat kejam sedingin es.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar