Rabu, 18 Januari 2012

[hanya] tentang sebuah foto - part 2 [end]


Foto ini mungkin diambil sebelum ada foto berwarna. Lalu timbul pertanyaan, kenapa ya kalau foto yang kita ambil yang biasa saja ketika diubah menjadi hitam putih kadang lebih menampakkan estetikanya dan mengesankan ?

Hitam dan putihsimple, elegan, classyyin dan yangRwa Bhineda. Saya pikir diantara banyak warna, hanya hitam dan putih lah yang paling beruntung sering ditempatkan berdampingan (berpasangan). Di banyak kearifan timur, hitam dan putih selalu dipasangkan sebagai simbol keseimbangan.Lihat saja simbol yin dan yang, baik dan buruk, dan di Bali ada konsep Rwa Bhineda,semuanya digambarkan dengan hitam putih. Anda tahu? Ternyata kain sarung motif poleng (kotak-kotak hitam putih) yang sering dipakai orang Bali mempunyai makna tinggi, prinsip keseimbangan seperti yin dan yang.

                        

Kata orang keseimbangan akan selalu menemukan jalannya, ada buruk pasti diikuti ada baik, ada miskin pasti diikuti dengan adanya kaya. Bicara soal kaya, pusat obyek foto ini adalah pekerja kulit terang, dan kita tahu bersama negara-negara mereka kulit terang ini adalah negara-negara kaya yang menguasai perekonomian dunia saat ini. Ini yang ada di kepala saya, para pekerja kasar seperti merekalah yang berjasa mengantarkan negara mereka menjadi negara kaya raya. Bahan tambang, minyak, konstruksi, pabrik, sektor riil semua berjalan karena adanya buruh. Coba bayangkan kalau semua orang adalah direktur, atau manajer, atau perencana, atau tukang main saham dan valas, siapa yang akan mengeksekusi hasil pemikiran mereka ?Siapa yang menghasilkan barang dagangan buat mereka ?

Pekerjaan kasar tidaklah jelek, bahkan negara superpower pun ditopang ekonominya oleh buruh ( dan tentunya tentara mereka untuk mencari sumber daya ). Intinya adalah, hidup buruh !

Sebenarnya ini adalah cara saya untuk menyenangkan hati saya sendiri, sebagai seoarang buruh di telekomunikasi (padahal pengangguran !). Ada kata-kata mulia dari Nabi, 

Tiada makanan yang lebih baik daripada hasil usaha tangannya sendiri
(HR. Bukhari).

Besok saya ingin berfoto bersama ... Luna Maya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar